Udnhz Edwin official blog ! Catatan kehidupan seorang udnhz yang biasanya penuh hal-hal aneh, yang dibahas dengan nggak biasa dan sangat membuang-buang waktu bila anda membacanya.

Edwin // Udnhz

graphic and web designer
male, single . 17th April 1994
St. Yakobus JHS grd. 9
photostream
Maret 07, 2009

R.E.T.R.E.T

Seperti yang udah gw beritau di post sebelumnya, dari tanggal 2-4 Maret kemarin gw ikut acara retret sekolah di Pratista, Bandung (klik). Gw ikut yang gelombang satu, jadi pesertanya kelas IX A, B dan setengah dari kelas C. Sampai pas keberangkatan sih masih biasa-biasa aja, gak ada isu-isu negatif ttg tempat retret yang biasanya nakutin.

Cuma ada satu hal yang masih kepikiran di benak beberapa temen gw. Beberapa guru cerita, kalo romo yang bimbing di sana itu galak(baca: sadis). Kalo kita ngobrol dan bikin dia marah, kita bisa-bisa disuruh doa di kuburan-kuburan pastor. Dan bagi beberapa anak yang bandel, itu cukup menakutkan. (Laen hal-nya ama si DarkCloud yg kayaknya exciting banget ke kuburan. weleh")

Kita berangkat dari Jakarta jam stgh 12. Gw kebagian di bis 1, awalnya anak-anak bis 1 mikir bakal bosenin banget gara-gara KepSek gw ikut di bis 1. Tapi ternyata gak juga, suasana di bagian belakang bis cukup rame, yaah stidaknya membuat gw tidak tidur dari Jakarta sampai Bandung (hehehe).[...]

Sebelum cerita dimulai, gw mau kenalin dlu pembina" retret gelombang 1 :
Romo Eko : lucu, ekspresif dan suasana hidup banget kalo dia lagi kothbah
Frater Nana : baek banget dan friendly orangnya
Romo Freddy : narsis gak ketulungan, tpi kalo lagi session dia, harus serius

Hari Pertama
Nah, hari pertama itu kita ada misa pembukaan, games dari Fr. Nana dan session dari Romo Freddy. Pertama-tama mau gw ceritakan ttg game nya dulu, waktu itu kita main game kon-sen-tra-si. Pasti sebagian besar dari pembaca blog tau dong game ini. Nah, kali ini biar permainan makin seru, yang salah nyebut ato ngelanggar aturan, mukanya bakal dicemongin pake kotoran anjing bedak ama orang yg seblumnya. Kalo menurut gw pas permainan ini kurang seru. Soalnya, kenapa si Nugroho yg cemongin mukanya KeMar? Kenapa bukan gw, Dino, Jansen, ato siapalah yg udh nafsu birahi mutihin mukanya KeMar (maksud kita bae Mar). hahaha

Malemnya kita ada session dari Romo Freddy, romo ngejelasin ttg apa itu retret dan tujuan-tujuannya. Dan dia bilang, kalo kita ikut retret, kita harus punya harapan dulu. Jadi kita disuruh bikin akronim(?) dari aR.Ee.Ti.aR.Ee.Ti (gaya XPDC bgt) alias RETRET. Karena romonya pengen cepet, jadilah gw skolompok dgn temen" sekamar gw; Jansen, Richardo dan Rianto.

Oke, kita(baca: gw dan Jansen) mulai berpikir, mulai nulis, hapus, nulis lagi, hapus lagi, nulis, dst, dan karena otak kita be2 trlalu jenius dan males nyari" kata, beginilah jadinya :
(gw salin sesuai dgn coretan" yg ada)

kenyataan :
R ujak itu enak
E mpek" Palembang juga enak
T ari kecak
*Gw : argh~ serius lah sen .
Jansen : hahaha, ya udh serius" .. (mulai serius)
R et-ret itu biasanya membosankan
E nggak bsa bebas sperti di Jakarta
T empatnya biasanya: sepi, sunyi, dan dingin, tapi ..
*dan mulai ngelantur lagi*
R et" yg biasanya hening brubah jdi ribut kali ini beda ama sblmnya
E nggak banget deh nak dan seru-seru gamesnya
T eletai deh ernyata romonya gak ngebosenin

Yaah, kalian bisa langsung menebak isi otak kami b2 seperti apa . . hahaha

harapan :
R ajin berdoa, tidak hanya dalam kesulitan
E nggak mementingkan hal-hal duniawi
T idak bersikap sombong kepada siapa saja
R ukun dengan teman beragama lain
E jek-mengejek teman akan dihilangkan dikurangi (huehehe)
T obat dan kembali ke jalan yg benar (cieee udin, haha)

Oh ia, di Pratista gw kebagian kamar nomer 5, tempatnya rada di ujung, jadi males banget kalo ampe ada barang ketinggalan dan harus balik lagi. Seharusnya sih sekamar ama Jansen, Richardo dan Adrian Ryanto. Tapi akhirnya Jansen berhasil tukeran ama Adit dan gak ketahuan sama sekali ama guru-guru pendamping. Padahal kita yg di kamer udah takut banget bakal ketauan. Hehehe. Udah akh~ bodo amet, langsung aja gw tidur .


Hari Kedua
Pagi ini kamer gw diketok ama yg laen. Setelah liat jam, masih kepagian banget! Serius dhe, gw masih ngantuk, tapi daripada gak kebagian aer panas gw bela"in mandi. Huuf~ dingin .. brrrrr

Setelah mandi, kita ada misa ama romo Eko. Dari gw yg kondisinya masih ngantuk banget, setelah denger kothbahnya, berubah jadi yg fresh, udah kaya bunga yang bermekaran di taman. hahaha, lebay deh lu din. Abis itu kita ada session lagi ama romo Freddy, tentang menilai diri sendiri. Kita juga disuruh nilai temen-temen kita, dari fisik, sifat dan bakat mreka. Setelah selesai kertas itu dikasih ke orangnya buat dibaca. Dan gw dapet 6 kertas, dari Fernandi, Dino, Cynthia, Luci, Feli dan Maggie. ini diah poto nya :


[klik untuk liat lbih besar]
thx ya teman" .. komentarnya bagus" smua . hahaha

Nah, siangnya kita main game lagi ama frater Nana. Kali ini lebih ekstrim, tema'nya menuntun dan dituntun. Jadi kita disuruh jalan mengitari setangah taman Pratista yg luasnya buju buset itu dengan mata tertutup. Dan yang kebagian jadi pasangan gw adalah Elis. Gw dapet giliran yang pertama matanya ditutup, nanti gantian Elis yg ditutup matanya di setengah perjalanan selanjutnya. Setelah nunggu beberapa pasangan kita pun mulai jalan, eh gak berapa lama jalan, kedengeran suara fer-fer. Ternyata fer-fer jalan tanpa ditutup matanya (curang lu fer! haha).
Nah, skrg gantian Elis yg ditutup matanya, gw pun mulai iseng kerjain Elis dan bebrapa pasangan di belakang gw.

*lagi di jalanan lurus dan bersih*
Gw : Elis, elis, ati-ati ada ranting pohon. lompat .
Elis : Hah?? Serius lu ? *kakinya ngerogoh-rogoh*
Gw : Udah lewat, nyaris tadi lu kesandung. (hihihi)
*jalan lagi*
Gw : Elis, ada jurang kecil. lompat.
Elis : Heh. Mana ada jurang di jalan setapak gini . Lu boongin gw ie?
Gw : Oh, ia ia . . . ? (-.-'). Hehehe, maap".

Dan, akhirnya kita sampe dan dilanjutin ama makan siang. Setelah makan siang, kita dikasih waktu buat keliling komplek Pratista. Ternyata komplek nya luas banget. Gw dan beberapa temen gw juga sempet kunjungin pabrik lilin dan hosti. Sebelum ke pabrik lilin dan hosti, kita lewatin kuburan yang ditakut"in itu. And guess what!? Ternyata gak serem-serem amat, cuma ada 10 kuburan (kalo gak salah) dan itu deket ama gedung biara, so, biasaya aja dong ! (sabar oom , sabar. hehehe). Setelah sampe di tujuan, di depan pabrik hosti ada 4 kontener yang isinya sisa-sisa potongan hosti yang boleh dicoba GRATIS. Huaah~ langsung keliatan dhe siapa aja yang jelmaan babi rakus dan kelaparan. hahaha (padahal gw termasuk salah satu yg ngantri dan ngambil banyak)

Selesai kunjungan, kita mandi sore dan dilanjutin ama session game nya Romo Eko. Kali ini lebih serem, romo bilang kalo tim yang kalah bakal tidur di kuburan. Weww.. Kita pun akhirnya berjuang mati-matian (walau gw tau, hukuman itu boongan). Salah satunya kita maen oper-operan karet dengan tusuk gigi yang dijepit di mulut.

Oke, tim kita gagal terus. Gw oper ke Noni, Noni mau oper ke Nugroho tapi karetnya jatoh, ulang. Gw oper ke Noni, Noni oper ke Nugroho, Nugroho mau oper, karetnya jatoh, ulang. Begitu trus, sampai akhirnya kita udah berhasil oper 2 karet ampe belakang. Tiba - tiba ...

Novandi : Selesai Pak !!
*Gw ama Noni langsung cengo*
Gw : Non, prasaan baru berhasil 2. Bener gak sih tuh si Novandi ?
Noni : eehh? ia yah.. prasaan baru 2 ato 3 gtu .
Gw : Nov, udah brapa?
Novandi : 5 , nih (nunjukin karetnya)
Gw ama Noni : ?? ehh, kok bisa yah ?

Yeeeh, usut punya usut ternyata si Novandi itu cerdik, dia ternyata nyimpen karet-karet yang jatoh daritadi. Sekali lagi saya ulang, Novandi itu licik , ehh, maav maksudnya cercik (?) ..
Haah~ sudahlah lupakan.. wkwkwk

Dan malam pun menjelang. Waktunya buat nangis-nangis. Cuma dibuka dengan semacam renungan tentang orang-orang yg pernah ngecewain kita, udah banyak banget linangan aer mata. Huaduh~ apalagi si lebay (mantannya Ryan Demasip / fer") yg nangisnya lebay bangggetz. Semakin malem suasana makin mengharu biru (ciee... suit suwitt... / paan c din ?). Apalagi di kapel pas renungan malam. HUAAAAAA... HUUUUUUU... HEEEEEE.. T.T. Ampir semua yang ada di kapel nangis. huuuf~
"nah loe sendiri gmana din ? nangis ?"
Gw iah ? nyaris gw ketiduran di sana. huehehe. Nape ie gw gak bisa nangis? Apa karena lubang mata gw sempit ? Argh~ bobo aja akh~

Hari Ketiga
Huahh!!! Semua cowok bangun kesiangan ! Syetmeeen ..
Kita pada bangun jam 6 lewat dan udara masih dingin banget, sedangkan acaranya dimulai jam SETENGAH TUJUH . WAAAAAAA~ Kacau neh kacau . Langsung pada berebutan mandi (baca: kecuali gw yg masih tiduran. hehe). Bahkan gw memprofokatori gerakan "Cuci Muka Aja Yuk ?!" setelah tau kalo aer panas udah abis. hahaha. (males bgt ya gw)

Tapi akhirnya gw tetep mandi. Meskipun dingin dan hembusan angin seakan-akan menusuk seperti jarum ke sekujur tubuhku (wed'dehh..). Syukur gw masih gak termasuk telat masuk ke ruang kapel. Karena orang-orang setelah gw udah dihukum di luar karena telat. Hari ini di kapel cuma misa pagi dan sesudahnya doa ke goa Maria dan patung salib abis itu makan.

Ada sedikit kejutan yang kita kasih ke romo Freddy, karena tgl 4 Maret ini dia ulangtaun. Dan gak cuma romo Freddy yg dikasih kejutan, kita juga. Ternyata Mam Yuli (baca: Guru Mat paling top markotop) masuk rumah sakit. Smoga sembuh ia mam! Muridmu di sini mendoakanmu (argh gombal~ mana mungkin juga dia baca. hehehe).

Setelah makan, waktu luang cuma cowok-cowok abisin di KC alias Kolam Cinta (Sebuah kolam ikan yang kata anak-anak bentuknya kayak hati, makanya disebut kolam cinta). Sedangkan yang cewek-cewek pada foto-foto. Jadi klo mau liat foto-fotonya bisa liat di blog temen-temen gw.

Jam 2an, bis yang jemput kita udah dateng. Yey! Pulang, hahaha. Sebelum kita pulang, kita serah terima dulu. Serah terima apa? Serah terima Kelmar. Jadi biara di Pratista itu melihara anjing yg badannya panjang itu loh. Nah, kita namain KelMar. KeLvin Mario, haha .
"Kok mirip kayak nama temen lu sih? Si Kem,.. Kemar iah?"
Hahaha, masa sih? beda akh~ perasaan lu doang kali .
Akakakakakak ><



--------------------------------------------------------------------------
Hmm baca juga cerita ttg retret menurut temen gw yg laen :
--------------------------------------------------------------------------


rating iah!

Facebook | Become a fan on Facebook