Udnhz Edwin official blog ! Catatan kehidupan seorang udnhz yang biasanya penuh hal-hal aneh, yang dibahas dengan nggak biasa dan sangat membuang-buang waktu bila anda membacanya.

Edwin // Udnhz

graphic and web designer
male, single . 17th April 1994
St. Yakobus JHS grd. 9
photostream
November 03, 2008

Kenapa 4 November ?

besok pemilu AS ~ hayoo pada dukung siapa?




Selasa setelah Senin pertama bulan November selalu menjadi hari pemilu presiden AS. Nah pada tahun 2008 ini, hari itu jatuh pada tanggal 4 November.



Awal penentuan soal hari Selasa ini diputuskan pada tahun 1845. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, hari Selasa juga dipilih sebagai hari pemilihan DPR AS(1875) dan Senat AS(1914) .
Kenapa pemilu dilakukan pada awal November? Pada awalnya, sebagian besar warga AS didominasi para petani, dan bulan November adalah bulan dimana musim panen sudah usai yg ditandai mulainya musim gugur. Karena itu, politisi AS menilai bahwa bulan November adalah bulan dimana para petani tidak terlalu sibuk dengan pertanian mereka dan sempat untuk memberikan "suara"nya. Nah, cuaca musim gugur ini dianggap bersahabat bagi warga bepergian menuju kotak-kotak pemilu yang dulunya harus melalui jalanan rusak dan becek.
Pertanyaan selanjutnya, mengapa harus Selasa? Dulu, warga AS harus menempuh jarak yang jauh untuk memilih. Hari Senin dianggap kurang tepat karena warga harus mulai berangkat untuk memilih sejak hari Minggu. Padahal, hari Minggu adalah saat berbakti di gereja-gereja.
Ada juga alasan lain mengapa pemilu selalu dilakukan hari Selasa setelah Senin pertama :
  • Setiap 1 November adalah Hari Semua Orang Kudus (All Saints Day), hari libur bagi pemeluk Katolik. Jadi, jika 1 November jatuh pada hari Selasa, maka pemilu tidak akan dilakukan karena hari Selasa pada tanggal ini bukanlah hari Selasa setelah hari Senin pertama di bulan November.
  • Alasan kedua, hampir semua pedagang umumnya sibuk melihat rekening pembukuan setiap tanggal 1 setiap bulannya. Politisi AS khawatir bahwa sukses atau kegagalan bisnis pada bulan sebelumnya akan memengaruhi pilihan para pedagang
sumber : kompas.com | foto : whos.amung.us

Facebook | Become a fan on Facebook